Program Televisi
Program
televisi merupakan sebuah perencanaan atau penjadwalan sebuah tayangan televisi
yang di rangkai sedemikian rupa agar menjadi runtutan yang teratur dan efektif.
Penjadwalannya sendiri juga dirangkai dari hari demi hari, dari jam ke jam
setiap harinya, dengan adanya program televisi ini menandakan media massa
menargetkan khalayaknya secara terperinci agar tidak salah sasaran programnnya
tersebut di tujukan.
Secara
teknis program televisi diartikan sebagai penjadwalan atau perencanaan siaran
televisi dari hari ke hari (horizontal programming) dan dari jam ke jam
(vertical programming) setiap harinya (Soenarto, 2007:1). Stasiun televisi
setiap harinya selalu menyajikan berbagai jenis program yang jumlahnya sangat
banyak dan jenisnya sangat beragam. Pada dasarnya apa saja bisa dijadikan
program untuk ditayangkan di televisi selama program itu menarik dan disukai
audien, dan selama tidak bertentangan dengan kesusilaan, hukum dan peraturan
yang berlaku.[1]
Maka
dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa program televisi sangat
berpengaruh pada keberhasilan sebuah acara televisi yang akan diproduksi.
Program acara televisi juga menentukan siapa target yang akan menonton acara
televisi tersebut dan bagaimana cara menyajikannya agar dapat diterima dan dinikmati
oleh penonton yang menjadi target acara tersebut.
Jenis
Program Televisi
Program
televisi dibagi menjadi dua, yaitu: yang pertama adalah program Informasi yang
berisikan segala jenis siaran yang tujuannya menambah pengetahuan dengan
memberikan berbagai informasi kepada khalayaknya. Di dalamnya sendiri terdapat
dua bagian yaitu berita keras atau biasa yang di sebut hard news dan berita
lunak atau biasa yang di katakana soft news.Kedua, Program Hiburan merupakan
semua bentuk siaran yang di tujukan untuk menghibur para penontonnya dalam
berbagai bentuk baik music, lagu, cerita, dongeng, drama ataupun games.
Berdasarkan
jenis program yang ada pada televisi sendiri sangat bervariasi ada yang
menghadirkan informasi, hiburan bahkan ada juga yang mengkombinasi keduanya
antara informasi dan hiburan. Selain itu juga jenis – jenis program yang ada
pada televisi memiliki target khalayak penontonnya sendiri.
[1]Morissan, Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi,(Jakarta:
Kencana , 2008) , Hlm. 217
Komentar
Posting Komentar