Program Televisi

Program Televisi
Program televisi merupakan sebuah perencanaan atau penjadwalan sebuah tayangan televisi yang di rangkai sedemikian rupa agar menjadi runtutan yang teratur dan efektif. Penjadwalannya sendiri juga dirangkai dari hari demi hari, dari jam ke jam setiap harinya, dengan adanya program televisi ini menandakan media massa menargetkan khalayaknya secara terperinci agar tidak salah sasaran programnnya tersebut di tujukan.
Secara teknis program televisi diartikan sebagai penjadwalan atau perencanaan siaran televisi dari hari ke hari (horizontal programming) dan dari jam ke jam (vertical programming) setiap harinya (Soenarto, 2007:1). Stasiun televisi setiap harinya selalu menyajikan berbagai jenis program yang jumlahnya sangat banyak dan jenisnya sangat beragam. Pada dasarnya apa saja bisa dijadikan program untuk ditayangkan di televisi selama program itu menarik dan disukai audien, dan selama tidak bertentangan dengan kesusilaan, hukum dan peraturan yang berlaku.[1]
Maka dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa program televisi sangat berpengaruh pada keberhasilan sebuah acara televisi yang akan diproduksi. Program acara televisi juga menentukan siapa target yang akan menonton acara televisi tersebut dan bagaimana cara menyajikannya agar dapat diterima dan dinikmati oleh penonton yang menjadi target acara tersebut. 
 Jenis Program Televisi
Program televisi dibagi menjadi dua, yaitu: yang pertama adalah program Informasi yang berisikan segala jenis siaran yang tujuannya menambah pengetahuan dengan memberikan berbagai informasi kepada khalayaknya. Di dalamnya sendiri terdapat dua bagian yaitu berita keras atau biasa yang di sebut hard news dan berita lunak atau biasa yang di katakana soft news.Kedua, Program Hiburan merupakan semua bentuk siaran yang di tujukan untuk menghibur para penontonnya dalam berbagai bentuk baik music, lagu, cerita, dongeng, drama ataupun games.
Berdasarkan jenis program yang ada pada televisi sendiri sangat bervariasi ada yang menghadirkan informasi, hiburan bahkan ada juga yang mengkombinasi keduanya antara informasi dan hiburan. Selain itu juga jenis – jenis program yang ada pada televisi memiliki target khalayak penontonnya sendiri.


[1]Morissan, Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi,(Jakarta: Kencana , 2008) , Hlm.  217

Komentar